KISI KISI KLS 9

MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA

KELAS: 9

PERTEMUAN KE: LAST

MATERI: KISI KISI

GURU PENGAMPU: DARA SAKUNDA, S.Pd.

WAKTU PEMBELAJARAN: 5 DES 2024


KISI KISI PAS SBK GANJIL 2024

1.      Siswa memahami perbedaan antara seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi berdasarkan unsur-unsur seperti garis, warna, dan bentuk.

2.      Siswa mengetahui peninggalan seni lukis di goa Leang-Leang sebagai bukti seni prasejarah.

3.      Siswa dapat mengelompokkan warna primer dan sekunder berdasarkan skema warna tertentu.

4.      Siswa memahami cara menciptakan efek gelap terang dalam seni lukis menggunakan berbagai teknik seperti arsir dan dusel.

5.      Siswa mengenali berbagai unsur seni rupa seperti garis, tekstur, dan bentuk dalam karya seni.

6.      Siswa memahami pentingnya proporsi dalam menciptakan karya seni yang realistis dan harmonis.

7.      Siswa mengenali prinsip kesatuan, proporsi, dan komposisi dalam menyusun elemen karya seni rupa.

8.      Siswa dapat mengidentifikasi unsur tekstur sebagai karakter permukaan suatu objek dalam seni rupa.

9.      Siswa memahami ciri-ciri aliran Romantisme dalam karya seni lukis, seperti yang ditunjukkan dalam karya Raden Saleh.

10.  Siswa dapat membedakan antara aliran Impresionisme, Naturalisme, Surealisme, dan Romantisme berdasarkan gaya visual.

11.  Siswa memahami tema hubungan manusia dengan alam yang sering diangkat dalam karya seni lukis.

12.  Siswa mengenal sumber ide dan gagasan dalam seni lukis yang dapat berasal dari pengalaman pribadi.

13.  Siswa memahami karakteristik cat air dan teknik aquarel dalam pembuatan karya seni lukis.

14.  Siswa mengetahui teknik dan bahan yang digunakan dalam pembuatan patung, seperti ukir dengan bahan kayu atau batu.

15.  Siswa dapat mengidentifikasi karya seni rupa 3 dimensi seperti keramik yang menggunakan bahan tanah liat.

16.  Siswa memahami penggunaan teknik cor untuk membuat patung dari bahan logam seperti tembaga.

17.  Siswa mengenal proses akhir dalam pembuatan patung kayu, termasuk teknik amplas dan finishing.

18.  Siswa mengetahui sejarah Monumen Pancasila Sakti yang dirancang oleh I Nyoman Nuarta.

19.  Siswa mengenali jenis patung dekorasi dan arsitektur berdasarkan lokasi dan fungsi tertentu.

20.  Siswa memahami sejarah dan fungsi patung Selamat Datang yang dibangun untuk Asian Games 1962.

21.  Siswa mengetahui istilah penyanyi solo sebagai penyanyi yang tampil sendiri.

22.  Siswa dapat membedakan wilayah suara pria seperti tenor, bariton, dan bass.

23.  Siswa memahami batas wilayah nada suara tinggi yang dimiliki oleh anak-anak.

24.  Siswa memahami batas wilayah nada suara rendah yang dimiliki oleh anak-anak.

25.  Siswa mengetahui kategori suara tinggi wanita, seperti sopran.

26.  Siswa mengenali kategori suara sedang wanita, seperti mezzosopran.

27.  Siswa memahami bahwa suara alto pada wanita termasuk suara rendah.

28.  Siswa memahami konsep resonansi dalam memperkuat suara saat bernyanyi.

29.  Siswa mengetahui pentingnya artikulasi dalam mengucapkan lirik lagu dengan jelas.

30.  Siswa memahami pengertian phrasering sebagai teknik pengelompokan kalimat dalam menyanyi.

31.  Siswa mengenal langkah awal dalam proses aransemen vokal, yaitu menentukan melodi utama.

32.  Siswa mengetahui ciri-ciri vokal grup, seperti jumlah anggota yang terbatas dan adanya improvisasi.

33.  Siswa memahami jumlah ideal anggota dalam vokal grup, yaitu antara 3 hingga 10 orang.

34.  Siswa dapat mendefinisikan melodi sebagai rangkaian nada yang membentuk pola tertentu dalam musik.

35.  Siswa mengenal notasi musik yang digunakan, seperti notasi angka dan balok.

36.  Siswa mengetahui birama yang digunakan dalam lagu “Jangan Menyerah”.

37.  Siswa memahami makna motivasi dan semangat dalam lagu “Jangan Menyerah”.

38.  Siswa mengetahui arti tempo Allegretto sebagai tempo yang agak cepat dan riang.

39.  Siswa memahami arti tempo Andantino sebagai tempo yang agak lambat.

40.  Siswa mengetahui pencipta lagu “Indonesia Jaya” yaitu Chaken M.

41.  Siswa mengenali jenis tari kreasi yang dikembangkan dari gerak tari tradisional.

42.  Siswa dapat mengidentifikasi asal-usul tari tertentu berdasarkan kostum dan riasan penari.

43.  Siswa memahami keunikan karya tari kreasi yang dapat dilihat dari iringan dan gerak tari.

44.  Siswa mengetahui fungsi tari sebagai pertunjukan yang memiliki aturan dan susunan gerak tertentu.

45.  Siswa memahami fungsi tari sebagai hiburan yang bertujuan untuk memuaskan penarinya.

46.  Siswa mengenal ciri khas tari modern seperti break dance yang memiliki gerakan patah-patah atau stakato.

47.  Siswa dapat mengidentifikasi tari dengan birama ¾ seperti Waltz berdasarkan gerakannya.

48.  Siswa memahami jenis iringan tari, baik internal maupun eksternal, sesuai dengan kebutuhan pertunjukan.

49.  Siswa mengenal tari dengan iringan internal seperti suara penari, tepuk tangan, dan tepuk badan.

50.   Siswa mengetahui fungsi musik dalam tari sebagai ilustrasi untuk membangkitkan suasana tertentu


Komentar

Posting Komentar