MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA
KELAS: 9
PERTEMUAN KE: LAST
MATERI: KISI KISI
GURU PENGAMPU: DARA SAKUNDA, S.Pd.
WAKTU PEMBELAJARAN: 5 DES 2024
KISI KISI PAS SBK GANJIL 2024
1. Siswa memahami perbedaan antara seni
rupa 2 dimensi dan 3 dimensi berdasarkan unsur-unsur seperti garis, warna, dan
bentuk.
2.
Siswa mengetahui peninggalan seni
lukis di goa Leang-Leang sebagai bukti seni prasejarah.
3.
Siswa dapat mengelompokkan warna
primer dan sekunder berdasarkan skema warna tertentu.
4.
Siswa memahami cara menciptakan efek
gelap terang dalam seni lukis menggunakan berbagai teknik seperti arsir dan
dusel.
5.
Siswa mengenali berbagai unsur seni
rupa seperti garis, tekstur, dan bentuk dalam karya seni.
6.
Siswa memahami pentingnya proporsi
dalam menciptakan karya seni yang realistis dan harmonis.
7.
Siswa mengenali prinsip kesatuan,
proporsi, dan komposisi dalam menyusun elemen karya seni rupa.
8.
Siswa dapat mengidentifikasi unsur
tekstur sebagai karakter permukaan suatu objek dalam seni rupa.
9.
Siswa memahami ciri-ciri aliran
Romantisme dalam karya seni lukis, seperti yang ditunjukkan dalam karya Raden
Saleh.
10. Siswa dapat membedakan antara aliran Impresionisme,
Naturalisme, Surealisme, dan Romantisme berdasarkan gaya visual.
11. Siswa memahami tema hubungan manusia dengan alam yang sering
diangkat dalam karya seni lukis.
12. Siswa mengenal sumber ide dan gagasan dalam seni lukis yang
dapat berasal dari pengalaman pribadi.
13. Siswa memahami karakteristik cat air dan teknik aquarel
dalam pembuatan karya seni lukis.
14. Siswa mengetahui teknik dan bahan yang digunakan dalam
pembuatan patung, seperti ukir dengan bahan kayu atau batu.
15. Siswa dapat mengidentifikasi karya seni rupa 3 dimensi
seperti keramik yang menggunakan bahan tanah liat.
16. Siswa memahami penggunaan teknik cor untuk membuat patung
dari bahan logam seperti tembaga.
17. Siswa mengenal proses akhir dalam pembuatan patung kayu,
termasuk teknik amplas dan finishing.
18. Siswa mengetahui sejarah Monumen Pancasila Sakti yang
dirancang oleh I Nyoman Nuarta.
19. Siswa mengenali jenis patung dekorasi dan arsitektur
berdasarkan lokasi dan fungsi tertentu.
20. Siswa memahami sejarah dan fungsi patung Selamat Datang yang
dibangun untuk Asian Games 1962.
21. Siswa mengetahui istilah penyanyi solo sebagai penyanyi yang
tampil sendiri.
22. Siswa dapat membedakan wilayah suara pria seperti tenor,
bariton, dan bass.
23. Siswa memahami batas wilayah nada suara tinggi yang dimiliki
oleh anak-anak.
24. Siswa memahami batas wilayah nada suara rendah yang dimiliki
oleh anak-anak.
25. Siswa mengetahui kategori suara tinggi wanita, seperti
sopran.
26. Siswa mengenali kategori suara sedang wanita, seperti
mezzosopran.
27. Siswa memahami bahwa suara alto pada wanita termasuk suara
rendah.
28. Siswa memahami konsep resonansi dalam memperkuat suara saat
bernyanyi.
29. Siswa mengetahui pentingnya artikulasi dalam mengucapkan
lirik lagu dengan jelas.
30. Siswa memahami pengertian phrasering sebagai teknik
pengelompokan kalimat dalam menyanyi.
31. Siswa mengenal langkah awal dalam proses aransemen vokal,
yaitu menentukan melodi utama.
32. Siswa mengetahui ciri-ciri vokal grup, seperti jumlah
anggota yang terbatas dan adanya improvisasi.
33. Siswa memahami jumlah ideal anggota dalam vokal grup, yaitu
antara 3 hingga 10 orang.
34. Siswa dapat mendefinisikan melodi sebagai rangkaian nada
yang membentuk pola tertentu dalam musik.
35. Siswa mengenal notasi musik yang digunakan, seperti notasi
angka dan balok.
36. Siswa mengetahui birama yang digunakan dalam lagu “Jangan
Menyerah”.
37. Siswa memahami makna motivasi dan semangat dalam lagu
“Jangan Menyerah”.
38. Siswa mengetahui arti tempo Allegretto sebagai tempo yang
agak cepat dan riang.
39. Siswa memahami arti tempo Andantino sebagai tempo yang agak
lambat.
40. Siswa mengetahui pencipta lagu “Indonesia Jaya” yaitu Chaken
M.
41. Siswa mengenali jenis tari kreasi yang dikembangkan dari
gerak tari tradisional.
42. Siswa dapat mengidentifikasi asal-usul tari tertentu
berdasarkan kostum dan riasan penari.
43. Siswa memahami keunikan karya tari kreasi yang dapat dilihat
dari iringan dan gerak tari.
44. Siswa mengetahui fungsi tari sebagai pertunjukan yang
memiliki aturan dan susunan gerak tertentu.
45. Siswa memahami fungsi tari sebagai hiburan yang bertujuan
untuk memuaskan penarinya.
46. Siswa mengenal ciri khas tari modern seperti break dance
yang memiliki gerakan patah-patah atau stakato.
47. Siswa dapat mengidentifikasi tari dengan birama ¾ seperti
Waltz berdasarkan gerakannya.
48. Siswa memahami jenis iringan tari, baik internal maupun
eksternal, sesuai dengan kebutuhan pertunjukan.
49. Siswa mengenal tari dengan iringan internal seperti suara
penari, tepuk tangan, dan tepuk badan.
50.
Siswa
mengetahui fungsi musik dalam tari sebagai ilustrasi untuk membangkitkan
suasana tertentu
Assalamu'alaikum Bu Thoriq Izz Hia 9c hadir
BalasHapus