MATA PELAJARAN : SENI MUSIK
KELAS : 8C
FASE : D
ELEMEN : Berpikir dan Bekerja Secara Artistik (Thinking and Working Artistically)
PERTEMUAN : 5 DARI 5
MATERI : POSTEST
GURU PENGAMPU : DARA SAKUNDA, S.Pd.
WAKTU PEMBELAJARAN : 21 November 2024
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Peserta didik menjalani kebiasaan baik dan rutin dalam berpraktik musik sejak dari persiapan, saat, maupun usai berpraktik musik untuk perkembangan dan perbaikan kelancaran serta keluwesan bermusik. Peserta didik secara aktif berpartisipasi dalam bentuk sajian musik sederhana menggunakan musik daerah setempat dan nusantara yang berguna bagi perbaikan hidup baik untuk diri sendiri, sesama, dan lingkungan. Peserta didik menyajikan dengan penuh ekspresi karya-karya musik secara aktif, kreatif, artistik, musikal, dan mengandung nilai-nilai kearifan lokal dan global baik secara individu maupun secara berkelompok.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik menjalani kebiasaan/disiplin secara kreatif sebagai sarana melatih kelancaran, keluwesan, dan kemampuan bermusik, khususnya dalam memainkan lagu nasional menggunakan pianika.
Assalamualaikum anak-anak soleh dan solehah, semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan siap belajar kembali.
Pada pertemuan sebelumnya, kita telah mempelajari pentingnya kebiasaan kreatif dan disiplin dalam berlatih alat musik untuk mengembangkan keluwesan dan kelancaran dalam bermusik. Kali ini, kita akan melanjutkan dengan praktik langsung bermain lagu nasional menggunakan pianika. Pembelajaran ini akan mengembangkan kemampuan kalian dalam membaca notasi angka, menguasai teknik pernapasan, dan mengekspresikan emosi saat memainkan lagu.
Hari ini kita akan melaksanakan postest. Soal terlampir, silakan pelajari kisi-kisi di bawah ini untuk membantu memahami materi yang akan diujikan. Waktu yang diberikan untuk mempelajari kisi-kisi adalah 40 menit.
Pastikan membaca setiap poin dengan cermat agar lebih siap dalam menjawab soal nanti.
Kisi-Kisi Soal Essay Seni Musik Kelas 8
Klasifikasi Alat Musik Berdasarkan Sumber Bunyi
- Kompetensi Dasar: Memahami klasifikasi alat musik berdasarkan sumber bunyinya.
- Indikator: Siswa mampu menjelaskan klasifikasi alat musik dan memberikan masing-masing dua contoh alat musiknya.
Perbedaan Alat Musik Ritmis dan Melodis
- Kompetensi Dasar: Memahami perbedaan alat musik ritmis dan melodis.
- Indikator: Siswa mampu menjelaskan perbedaan fungsi dan memberikan contoh masing-masing alat musik ritmis dan melodis.
Cara Memainkan Alat Musik
- Kompetensi Dasar: Memahami berbagai cara memainkan alat musik.
- Indikator: Siswa mampu menjelaskan cara memainkan alat musik (dipetik, dipukul, ditiup, digesek) serta memberikan contoh alat musiknya.
Pianika dan Cara Memainkannya
- Kompetensi Dasar: Memahami karakteristik alat musik pianika.
- Indikator: Siswa mampu menjelaskan karakteristik pianika dan teknik dasar memainkannya.
Lagu Wajib Nasional dan Maknanya
- Kompetensi Dasar: Mengapresiasi lagu wajib nasional.
- Indikator: Siswa mampu menyebutkan lima lagu wajib nasional beserta penciptanya dan menjelaskan makna dari salah satu lagu tersebut.
Peran Alat Musik Melodis dalam Ansambel
- Kompetensi Dasar: Memahami peran alat musik melodis dalam ansambel.
- Indikator: Siswa mampu menjelaskan fungsi alat musik melodis dalam ansambel musik.
Perbedaan Alat Musik Tradisional dan Modern
- Kompetensi Dasar: Memahami perbedaan alat musik tradisional dan modern.
- Indikator: Siswa mampu membedakan alat musik tradisional dan modern serta memberikan contoh.
Pentingnya Lagu Wajib Nasional
- Kompetensi Dasar: Mengapresiasi lagu wajib nasional.
- Indikator: Siswa mampu menjelaskan pentingnya mengenal dan menyanyikan lagu wajib nasional bagi generasi muda.
Lagu Daerah dan Alat Musik Tradisional
- Kompetensi Dasar: Memahami lagu daerah dan alat musik tradisional pengiringnya.
- Indikator: Siswa mampu menyebutkan tiga lagu daerah beserta asal daerahnya dan alat musik tradisional yang biasa mengiringi lagu tersebut.
Fungsi Alat Musik Ritmis dalam Ansambel
- Kompetensi Dasar: Memahami fungsi alat musik ritmis dalam ansambel.
- Indikator: Siswa mampu menjelaskan peran alat musik ritmis dalam orkestra atau ansambel musik.
KESIMPULAN
Setelah menyelesaikan postest ini, diharapkan siswa dapat lebih memahami konsep dasar dalam musik, seperti klasifikasi alat musik berdasarkan sumber bunyinya, fungsi dan perbedaan alat musik ritmis serta melodis, hingga cara memainkan berbagai jenis alat musik. Selain itu, siswa juga diharapkan mampu mengapresiasi kekayaan musik Indonesia, termasuk lagu-lagu wajib nasional dan lagu daerah, serta memahami peran alat musik dalam ansambel. Postest ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari, sekaligus melatih kemampuan berpikir kritis dan analitis dalam mengaplikasikan pengetahuan musik secara kontekstual.
Komentar
Posting Komentar