MATA PELAJARAN : SENI MUSIK
KELAS : 8C
FASE : D
ELEMEN : MENGALAMI
PERTEMUAN : 3 DARI 4
MATERI : SCRAPBOOK MUSIK NUSANTARA
GURU PENGAMPU : DARA SAKUNDA, S.Pd.
WAKTU PEMBELAJARAN : 19 september 2024
CAPAIAN PEMBELAJARAN : Peserta didik menggunakan dan mengembangkan unsur-unsur bunyi musik berupa nada, irama, dan melodi, menggunakan instrumen atau teknologi yang tersedia. Peserta didik mengidentifikasi karakteristik musik dari beragam genre, style, konteks budaya, atau era.
TUJUAN PEMBELAJARAN : Peserta didik memahami dan mengeksplorasi alat-alat yang menghasilkan bunyi-musik
Assalamualaikum anak anak soleh soleha, apakabar? semoga kita senantiasa diberikan kesehatan. sebelum memulai materi hari ini, mari kita mengulas sejenak tentang materi harmoni, keselarasan bunyi-bunyi dalam musik yang dihasilkan oleh dua atau lebih nada yang dibunyikan secara bersamaan. Nada-nada ini dapat dimainkan oleh alat musik atau dinyanyikan oleh seseorang. Harmoni biasanya memiliki efek yang menyenangkan bagi pendengar. pada minggu ini kita akan mencoba belajar tentang ragam alat musik. silahkan simak materi dibawah ini
Alat musik memiliki keunikan dari sumber bunyinya. ada 5 jenis alat musik berdasarkan sumber bunyinya yaitu ideofon, membranofon, aerofon, kordofon dan elektrofon. semua alat tersebut memiliki karakter yang berbeda beda dikarenakan sumber bunyi yang berbeda juga
Bersama kelompok, carilah masing masing 7 alat musik yang berasal dari daerah sesuai kelompokmu. Kemudian sertakan gambar dan Nama alat musik, Asal, Cara memainkan, Golongan ritmis / melodis, Sumber bunyiBuatlah se kreatif dan se menarik mungkin. Presentasikan di depan kelas
Komentar
Posting Komentar