MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA (SENI RUPA)
KELAS : 7B,C,D
FASE : D
GURU PENGAMPU : DARA SAKUNDA, S.Pd.
WAKTU PEMBELAJARAN : 19 MEI 2024
CAPAIAN PEMBELAJARAN :Pada akhir fase D, peserta didik mampu mengamati, mengenal, merekam dan menuangkan pengalaman dan pengamatannya terhadap lingkungan, perasaan atau empatinya secara visual dengan menggunakan proporsi, gestur dan ruang. Peserta didik terbiasa menggunakan alat, bahan dan prosedur dasar yang tepat dalam menggambar, mewarnai, membentuk, memotong, dan merekat.
TUJUAN PEMBELAJARAN : Merekam gagasan pameran karya ke dalam bentuk visual
ELEMEN: mengalami
Assalamualaikum anak anak soleh soleha, minggu lalu kita sudah mempelajari tentang seni rupa fungsional, nahh coba kita ingat kembali apa yang dimaksud seni rupa fungsional? oke untuk minggu ini kita akan mempelajari materi pameran seni rupa
PAMERAN
Pameran adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan memberikan gagasan dari Sang seniman kepada publik melalui media karya seninya. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan akan terjadi komunikasi antara seniman yang diwakilkan oleh karya seninya dengan publik sebagai apresiator.
Dalam kegiatan pameran ini dapat dilaksanakan secara individu maupun kelompok dengan adanya koordinasi kepanitiaan yang telah dibentuk sebelumnya.
Tujuan Pameran
1. Memupuk rasa cinta terhadap kebudayaan daerah dan pengembangan budaya nasional kepada masyarakat
2. Meningkatkan apresiasi seni pada generasi muda
3. Sarana hiburan bagi kelompok pecinta seni dan masyarakat umum
4. Tujuan komersial yakni dengan menjual karya seni.
5. Tujuan sosial. Misalnya dengan menggalang dana dari kegiatan pameran demi membantu korban bencana alam.
6. Tujuan pendidikan, misalnya dalam konteks pembelajaran seni rupa di sekolah.
Manfaat Pameran
1. Khususnya pada pameran sekolah, dapat menumbuhkan kemampuan siswa dalam memberikan apresiasi kepada karya temannya.
2. Menambah wawasan dalam upaya mengevaluasi karya secara objektif.
3. Melatih kerja kelompok
4. Menambah pengalaman sosial
5. Melatih individu untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab
6. Membangkitkan motivasi untuk menciptakan karya seninya sendiri
7. Sebagai alat komunikasi antara pencipta seni (seniman) dengan pengamat seni (apresiator)
8. Dapat menjadi pembangkit apresiasi seni pada masyarakat umum
9. Dapat menjadi sarana rekreasi dan hiburan masyarakat umum
10. Dapat menjadi sarana pencapaian prestasi seniman
11. Mengembangkan kepekaan terhadap alam sekitarnya
SILAHKAN SIMAK VIDEO BERIKUT
Komentar
Posting Komentar